KATA PENGANTAR
Puji syukur
kami panjatkan kepada Allah Swt karena berkat, nikmat dan karunia-nya lah saya
dapat menyelesaikan proposal ini sehingga penyusun dapat menjelaskan pembuatan
proposal ini saya buat sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan nilai pada
Ujian Praktek Produktif Nasional Tahun Pelajar 2015-2016 di MAN 2 CIAMIS.
Dalam
penyusunan ini saya mendapatkan bantuan dari beberapa pihak yang telah
membimbing dan saya mengucapkan banyak terima kasih kepada:
1.ibu
2.Kedua
orang tua yang selalu memberikan bimbingan dan dukungan kepada penulis.
Akhirnya
kami menyadari proposal ini masih belum sempurna, semoga hasil yang kecil ini
bermanfaat bagi pembaca dan membawa manfaat dalam pengembangan dan peningkatan
mutu siswa MAN 2 CIAMIS.
Ciamis, 01 januari 2016
Penulis
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pada dasarnya setiap makhluk hidup sering
membutuhkan satu sama lain,salah satunya dalam kegiatan memproduksi suatu
produk dimana produsen membutuhkan tenaga perantara untuk memasarkan produk
tersebut.
Dalam memproduksi suatu produk, produsen harus bisa
menganalisa kebutuhan konsumen yang sangat dibutuhkan, sifat-sifat konsumen,
serta keluhan-keluhan dimana kita sebagai wirausaha dituntut untuk dapat
membuka usaha sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. Kita dapat mengatur
strategi dalam melakukan kegiatan tersebut berjalan sesuai dengan yang
diharapkan.
B.
Rumusan
Masalah
·
Bagaimana tips membuat cimol yang baik
dan benar?
·
Bagaimana cara mengantisipasi persaingan
usaha bisnis yang semakin ketat?
·
Bagaimana caranya agar kita bisa meraih
kesuksesan dalam berbisnis cimol?
C.
Visi
dan Misi Usaha
·
Sebagai salah satu mata uji penjualan
·
Sebagai bentuk fisik bahwa penulis sudah
melakukan tugas
·
Sebagai salah satu syarat untuk
mengembangkan usaha
·
Sebagai alat/awam bagi perusahaan untuk meraih
keuntungan
·
Sebagai bukti fisik bahwa perusahaan
telah mengajukan proposal usaha.
D.
Tujuan
Usaha
·
Memperoleh keuntungan yang
sebesar-besarnya
·
Menambah pengalaman dari ilmu
pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha
·
Mewujudkan kemampuan dan kemantapan
dalam berwirausaha untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
E.
Analisa
Peluang Usaha
Menganalisa peluang usaha sangat penting dalam melakukan pemasaran, karena seorang
wirausaha harus bisa mengidentifikasi apakah produk yang dipasarkan sesuai
dengan daerahnya atau tidak.
Sehubung dengan pembuatan “CIMOL” , produksi ini
sangat diminati oleh semua lapisan masyarakat sehingga, peluang usaha ini
menjadi sangat pas untuk membuka usaha tersebut khususnya di Ciamis. Orang
ciamis mayoritas menyukai makanan yang bercita rasa gurih. Oleh karena itu,
produk yang saya buat saya pasarkan dilingkungan Ciamis guna membuka peluang
usaha yang diminati banyak masyarakat serta melestarikan makanan tradisional.
F.
Rencana Usaha
1. Rencana jangka pendek
Usaha bisnis cimol yang kami rintis ini bertujuan
untuk menambah pengalaman kerja dalam usaha bisnis bagi kalangan sesama
pelajar, selain dapat meningkatkan kreativitas juga dapat dijadikan sebagai
usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan dan biaya kuliah.
2. rencana jangka menengah
Usaha yang kami rintis ini pastinya kami kembangkan
dmi mewujudkan impian kami bersama yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda
yang sukses. Strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan
usaha kedepannya. Pelanggan ialah raja maka dari itu kepuasan pelanggan menjadi
yang utama dan segalanya, karena tanpa pelanggan belum tentu usaha ini bertahan
lama. Tak lupa kami melakukan promosi usaha kami, baik dari mulut ke mulut,
iklan radio dan media massa lainnya.
3. rencana jangka panjang
Setelah berhasil mendapatkan
pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha kami ini.
BAB II
PRODUK YANG
DIBUAT DAN PROSES PEMBUATAN PRODUK
A.
Jenis
Produk
Produk yang dibuat sesuai dengan judul proposal
yaitu “SEBLAK”. Jenis produk yang akan dibuat yaitu sejenis makanan gurih yang
disukai masyarakat setempat, dan produk yang telah jadi akan dipasarkan di
pasar-pasar tradisional dan warung-warung terdekat.
B.
PROSES
PEMBUATAN PRODUK
Dalam proses pembuatan seblak perlu ditetapkan
beberapa hal, diantaranya yaitu:
1.
menganalisa bahan-bahan yang diperlukan
dalam pembuatan seblak, bahan-bahannya antara lain yaitu:
·
Kerupuk
·
Minyak
goreng untuk menumis
·
Cabe
rawit
·
Bawang
merah
·
Bawang
putih
·
Garam
·
Sasa
·
Atom
·
Aida
·
Kencur
2.
Alat-alatnya:
·
Pisau
·
Cobek
·
Wajan
·
Wadah
·
Kompor
3.
Adapun
tahapan-tahapan dalam proses pembuatan seblak ini:
·
goreng kerupuk ketika minyak masih
dingin dengan api yang kecil, hingga krupuk sedikit mengembang dan renyah.
·
haluskan bumbu, lalu tumiskan hingga
masak
·
masukan kerupuk yang tadi sudah
digoreng, hingga bumbunya meresap rata.
·
taburkan bumbu penyedap sebagai
pelengkap.
BAB III
HASIL PRODUKSI
DAN PEMASARAN
Perusahaan industri
perumahan ini memproduksi “seblak” dalam memasarkan hasil produksi, perusahaan
ini selalu berbagai macam varian jenis seblak dengan kualitas dengan semakin ditingkatkan
dan berusaha untuk menjaga kualitas produk agar disukai oleh pembeli/konsumen.
A.
MARKETING
MIX
Pemasaran adalah semua kegiatan usaha yang berkaitan
dengan arus penyerahan barang-barang, jasa-jasa dari produsen ke konsumen. Dengan
demikian, pemasaran adalah hal terpenting dalam melakukan kegiatan usaha demi
tercapainya suatu tujuan. Jadi sebelum melakukan kegiatan pemasaran hal yang perlu
diperhatikan adalah tempat pemasaran produk dan siapa target dari pemasaran
tersebut. Sehubung dengan produk yang saya buat yaitu “seblak”, maka tempat
pemasaran yang tepat untuk produksi adalah daerah sekitar tempat tinggal.
Tempat pemasaran atau lokasi pemasaran yang
diinginkan oleh perusahaan:
·
Letak wilayahnya yang strategis
·
Mudah dijangkau oleh konsumen
·
Bahan-bahan yang didapat mudah dicari
·
Biaya transportasi murah
·
Tenaga kerja mudah didapat
·
Sarana angkutan mudah dan banyak
Target pemasaran merupakan suatu motivasi bagi
perusahaan untuk mempermudah sarana/tempat yang luas. Target pemasaran
dilakukan apabila kepala perusahaan dengan ditetapkan segmentasi pasar dan
target pemasaran, perusahaan tersebut dapat mengembangkan produknya dissetiap sasaran
pasar. Target pemasaran sanngat berperan penting bagi usahanya.
B. PERHITUNGAN MODAL DAN HARGA JUAL
Dalam membuka
usaha seblak perlu adanya perhitungan biaya bahan yang dikeluarkan, sebagai
berikut:
-
Kerupuk Rp.
20.000,00
-
Bawang merah Rp. 2.000,00
-
Bawang putih Rp. 1.000,00
-
Kencur Rp. 1.000,00
-
Cabe
rawit Rp. 5.000,00
-
Minyak goreng Rp. 6.000,00
-
Garam Rp. 1.000,00
-
Sasa Rp. 2.000,00
-
Atom Rp. 2.000,00
-
Aida Rp. 2.000,00
-
Gas Rp.20.000,00
-
Kantong plastik Rp. 8.000,00
-
Lilin Rp. 2.000,00
Perhitungan harga jual
dengan modal Rp.72.000,00 , saya bisa
menghasilkan 60 bungkus, maka diperoleh:
Harga
Pokok= Modal :
Hasil produksi
C. Analisis Keuntungan
Dengan perkiraan
usaha “seblak” saya mengharapkan keuntungan Rp.38000
Analisa keuntungan = 2000x55bungkus
=110.000
Saya bisa menargetkan keuntungan tersebut,
saya akan menjual seblak perbungkus seharga.
D.
Faktor Pendukung Dan Penghambat
1.faktor pendukung
·
Faktor tersedianya bahan baku
·
Faktor penyaluran
distributor
·
Faktor transportasi
·
Faktor tempat strategis
·
Faktor permodalan
·
Faktor pelayanan konsumen
2. faktor penghambat
·
Faktor persaingan dagang
·
Faktor kerusakan barang
·
Faktor kurangnya keahlian dalam bidang
yang dijalaninya
·
Faktor pelayanan yangkurang
baik/memuaskan
BAB
IV
PENUTUPAN
KESIMPULAN
Setelah
saya mengumpulkan berbagai macam bahan berupa data maupun fakta dan penyusunan
menjadi sebuah proposal sebagai salah satu syarat untuk tugas akhir sekolah
materi produktif, saya menyimpulkan bahwa:
·
Tugas proposal sekolah, sangat
bermanfaat bagi kami untuk memperluas wawasan kami mengenai berwirausaha.
·
Dengan pelaksanaan ujian praktek ini
mendidik kami supaya optimis dalam berusaha dan disiplin untuk memulai suatu
usaha.
·
Strategi yang baik akan mendukung dalam
berwirausaha dan yang kurang baik dapat menghambat usaha dalam berwirausaha.
·
Pentingnya pelayanan prima dapat
mempengaruhi keberhasialan dalam berwirausaha.
. 8
Komentar
Posting Komentar