Unggulan
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
PROPOSAL PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA
PROPOSAL PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA
“(K-CONS) K-POP CONCERT SCHEDULE BERBASIS
ANDROID"
BIDANG KEGIATAN:
PKM KARSA CIPTA
Diusulkan Oleh:
1. Cahyasari Semesta ( 11170457 ) Tahun Angkatan 2014
2. Keflika Dokha ( 11170427 ) Tahun Angkatan 2014
3. Ika Trianti ( 11160461 ) Tahun Angkatan 2016
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
NUSA MANDIRI
JAKARTA
2017
PENGESAHAN USULAN PKM KARSA CIPTA
4.
5.
l. Judul Kegiatan :
2. Bidang Kegiatan
3. Ketua Pelaksana Kegiatan
a. Nama Lengkap
b. NIM
c. Jurusan
d. Universitas/lntitus/Politeknik
e. Alamat Rumah dan No Telp/HP
f. Email
Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis
Dosen Pendamping
a. Nama Lengkap dan Gelar
b. NIDN
c. Alamat Rumah dan No Telp/HP
6. Biaya Kegiatan Total
a. Kemristekdikti
b. Sumber lain
7. Jangka Waktu Pelaksanaan
(Dr. Mochamad Wahvudi. MM. M.kom. M.Pd)
NIPNIK. 200310032
Wakil Ketua Non Akademik, &ffi
(Sukmawati Anggraeni Putri. M.Kom)
NIPAIIK 0320088702
(K-CONS) K-POP CONCERT
SCHEDULE BERBASIS ANDROID
PKM-KC
Cahyasari Semesta
11170457
Sistem lnformasi
STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Cimanggu I Rt 04/ Rw 0l
Kec.Cibungbulang Kab.Bogor,
08998343436
Cah)'asari s90r,@yahoo.com
2 orang
Sukmawati Anggraeni Putri, M.Kom
0320088702
081297889372
Rp 12.000.000,-
4 bulan 1 minggu
Jakarta, 6 November 2017
Ketua Pelaksana Kegiatan,
Dosen Pendamping,
(Sukrnawati Anqsraeni Putri. M.Kom)
NIDN. 0320088702
11170457
iii
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Sampul ................................................................................................... i
Halaman Pengesahan ............................................................................................ ii
Daftar Isi................................................................................................................ iii
BAB I PENDAHULUAN..............................................................................1
1.1. Latar Belakang ............................................................................1
1.2. Rumusan Masalah .......................................................................2
1.3. Tujuan .........................................................................................2
1.4. Luaran yang Diharapkan.............................................................2
1.5. Kegunaan Program......................................................................2
BAB II TINJAUAN PUSTAKA....................................................................3
2.1. Pengertian Android .....................................................................3
2.2. Pengertian Aplikasi Mobile ........................................................3
2.3. Musik dan Budaya ......................................................................3
2.4. Sejarah Agensi ............................................................................4
BAB III METODE PELAKSANAAN ...........................................................6
3.1. Tahap Perencanaan......................................................................6
3.2. Tahap Desain Sistem dan Aplikasi .............................................6
3.3. Tahap Perancangan Program.......................................................7
3.4. Tahap Implementasi ....................................................................7
3.5. Tahap Testing dan Evaluasi ........................................................7
BAB IV BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN.............................................8
4.1 Anggaran Biaya.............................................................................8
4.2 Jadwal Kegiatan ............................................................................9
DAFTAR PUSTAKA..........................................................................................10
Lampiran 1. Biodata Ketua, Anggota dan Dosen Pembimbing.........................11
Lampiran 2. Justifikasi Anggaran Kegiatan........................................................16
Lampiran 3. Susunan Organisasi Tim Pelaksana dan Pembagian Tugas ...........18
Lampiran 4. Surat Pernyataan Ketua Pelaksana ................................................19
Lampiran 5. Gambaran Teknologi yang Hendak Diterapkembangkan ..............20
1
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Selama sepuluh tahun terakhir, demam budaya pop Korea melanda
Indonesia. Fenomena ini dilatarbelakangi Piala Dunia Korea-Jepang 2002 yang
berakhir dengan masuknya Korea sebagai kekuatan empat besar dunia.
Kesuksesan Korea di Piala Dunia 2002 semakin menaikan prestis Korea di mata
dunia.
Globalisasi budaya pop Korea atau yang lebih dikenal dengan Korean
Wave(Hallyu) ini berhasil mempengaruhi kehidupan masyarakat dunia. Dimana
perusahaan agensi SM ENTERTAINMENT, JYP ENTERTAINMENT dan YG
ENTERTAINMENT sebagai agensi terbesar di Korea telah menjadi pelopor
dalam lebih mempopulerkan nama Korea melalui musik khasnya dan Idol Group
seperti Super Junior, Girls’ Generation, 2PM, Miss A, Big Bang, 2NE1 dan lainlain,
yang kemudian masing-masing agensi ini membentuk sebuah family, yaitu
SMTOWN, JYP NATION dan YG FAMILY.
Korean Pop atau yang sering disingkat dengan K-Pop ini demamnya tidak
hanya dirasakan hanya di Indonesia saja, tetapi telah mendunia. Tangga lagu KPop
telah masuk ke tangga lagu Amerika, Billboard, yang selama ini menjadi
tolok ukur kualitas industri musik dunia. Kegandrungan akan musik K-Pop
merupakan bagian yang tak terpisahkan daripada Demam Korea (Korean Wave)
di berbagai negara.
K-Pop fans (penggemar budaya pop Korea) di Indonesia dikenal fanatik
dan loyal terhadap idolanya, sehingga membuat mereka memiliki kebutuhan
untuk mengetahui berita terbaru tentang idolanya tersebut, khususnya tentang
jadwal konser para Idol Group. Kebanyakan para fans mencari
informasi/berita/pemberitahuan terbaru tentang jadwal konsernya dari berbagai
situs hingga channel resmi masing-masing agensi.
Oleh karena itu, dengan adanya sebuah Aplikasi Android yang mendukung
kebutuhan tersebut, diharapkan dapat menjadi salah satu pilihan terbaik dalam
memudahakan para fans untuk mengakses informasi/berita/pemberitahuan terbaru
tersebut hanya dengan menekan 1 (satu) aplikasi saja.
Dari latar belakang yang sudah diuraikan di atas tentunya para fans,
khususnya di Indonesia, membutuhkan aplikasi yang tepat yang dapat
memberikan beragam informasi seputar gelaran konser. Dengan demikian maka
dapat dibuatlah sebuah aplikasi bernama K-POP CONCERT SCHEDULE (KCONS)
berbasis android untuk K-Pop fans di Indonesia.
2
1.2. Rumusan Masalah
Melihat latar belakang masalah diatas, dapat kami simpulkan bahwa
permasalahan yang terjadi, yaitu :
1. Para K-Pop fans kesulitan dalam mendapatkan berita tentang Idol
Group favoritnya karena banyaknya jumlah agensi yang ada.
2. Informasi jadwal konser hanya di berikan di media sosial Idol Group
tersebut atau di salah satu channel/media sosial dari agensinya.
1.3. Tujuan
Tujuan dalam membuat aplikasi K-POP CONCERT SCHEDULE
BERBASIS ANDROID ini adalah:
1. Membantu masyarakat (K-pop fans) dalam mendapatkan informasi
mengenai jadwal konser dari SMTOWN, JYP NATION dan YG
FAMILY
2. Membuat aplikasi android yang praktis dan mudah dipahami oleh
semua kalangan.
3. Menambah ilmu pengetahuan dan mempraktikan apa yang sudah di
pelajari selama ini
1.4. Luaran yang Diharapkan
Luaran yang diharapan dari pembuatan aplikasi “(K-CONS) K-Pop
Concert Schedule Berbasis Android” ini adalah untuk dapat menjadi aplikasi yang
terlengkap dan paling banyak diminati masyarakat dalam mencari segala
informasi tentang berita terbaru dan jadwal konser dari para Idol Group dari
masing-masing agensi tersebut.
1.5. Kegunaan Program
Kegunaan yang dapat diambil dalam aplikasi ini, yaitu memudahkan KPop
fans dalam mendapatkan beragam berita seputar kegiatan bermusik Idol
Group, musik K-Pop dan informasi jadwal konser dari para Idol Group tersebut
dalam 1 (satu) aplikasi.
3
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1. Pengertian Android
Mulyadi (2010:5) menerangkan Android merupakan subset perangkat
lunak untuk perangkat mobile yang meliputi sistem operasi, middleware dan
aplikasi yang di release oleh Google.
2.2. Pengertian Aplikasi Mobile
Aplikasi mobile dapat diartikan sebagai sebuah produk dari sistem
komputasi mobile, yaitu sistem komputasi yang dapat dengan mudah dipindahkan
secara fisik dan yang komputasi kemampuan dapat digunakan saat mereka sedang
dipindahkan. Contohnya adalah personal digital assistant (PDA), smartphone dan
ponsel (Reza B’Far, 2005:3).
2.3. Musik dan Budaya
Musik Korea atau K-Pop telah menjadi trendsetter yang diikuti oleh anakanak
muda dengan alasan K-Pop iramanya enak di dengar dan para personelnya
ganteng dan cantik, yang ketika bernyanyi selalu menggunakan gerakan tarian
yang dinamis dan kompak. Bukan hanya aliran musiknya, gerakan tariannya
bahkan cara berpakaian mereka selalu mendapat sorotan dari kalangan remaja.
Remaja berada pada masa transisi atau peralihan dari anak-anak menuju masa
dewasa sangat rentan terhadap pengaruh perkembangan jaman (Dariyo,2004:13).
Korean Wave semakin menggurita juga dikarenakan penyebarannya yang
sangat cepat yang didukung dengan berbagai media. Televisi memang yang
pertama menghadirkan produk budaya Korea melalui serial drama. Selain itu, juga
didukung oleh media baru seperti melalui Youtube. Orang dari mana saja bisa
dengan mudah mengunduh lagu dan videoklip grup musik K-pop (Korean pop).
Ramainya jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter juga ikut andil dalam
terbentuknya kelompok penggemar (fandom) Korean Wave. (Permata Sari Ratna,
2012).
Di era kecanggihan teknologi komunikasi sekarang ini, perkembangan
budaya populer tidak dapat dipisahkan dari peran internet sebagai media penyedia
segala informasi. Salah satu budaya populer yang berhasil menggebrak Indonesia
adalah budaya populer Korea. Dalam penyebarannya, “Hallyu” atau biasa kita
dengar dengan sebutan Korean Wave yang diartikan sebagai gelombang Korea,
memperkenalkan berbagai budaya yang ada di negeri gingseng tersebut serta
menawarkan berbagai bentuk hiburan berupa film, drama, variety show, dan
Korean Music Pop, K-pop atau Korean Music Pop adalah salah satu aliran musik
yang berasal dari Korea Selatan yang saat ini sedang di gandrungi oleh
masyarakat Indonesia. (Anggraeni Asmoro, 2015).
4
Idol Group K-Pop yang memiliki tingkat popularitas tinggi di dunia,
khususnya di Indonesia adalah Idol Group yang berasal dari agensi SM
Entertainment, JYP Entertainment, dan YG Entertainment.
2.4. Sejarah Agensi
Sejarah SM Entertainment “Didirikan pada tahun 1995 oleh Lee Soo Man,
SM Entertainment adalah perusahaan pertama di industri ini yang
memperkenalkan Sistem Casting, Training, Producing and Management System
yang sistematis dan menganalisis secara akurat permintaan akan tren musik dan
budaya. Selain itu, SM Entertainment telah memasuki pasar global dengan strategi
globalisasi & lokalisasi melalui teknologi budaya dan telah menjadi perusahaan
hiburan terkemuka di Asia.
Pada tahun 1997, SM Entertainment memasuki pasar luar negeri untuk
pertama kalinya di industri hiburan dalam negeri, memimpin 'Korean Wave' dan
mencapai hasil yang luar biasa. Berbasis di Asia, SM Entertainment telah berhasil
memasuki Amerika Utara, Amerika Selatan dan Eropa, berkontribusi pada
peningkatan merek nasional dan pertumbuhan industri budaya di Korea.”
(company.smtown.com).
JYP Entertainment adalah perusahaan hiburan terkemuka di Korea
Selatan. Selama lebih dari 10 tahun, JYP telah aktif dalam produksi musik serta
rekrutment, pelatihan, dan pengelolaan artis baru. JYP dengan ahli
mengembangkan model baru untuk sistem bisnisnya yang unik, terus berupaya
memperluas bisnis menjadi segmen online dan mobile baik di pasar domestik
maupun internasional.
Berkat kerjasama yang kuat dengan merek global terkemuka seperti SK
Telecom, NHN, Daum, NC Soft, dan Samsung Electronics. JYP telah menjadi
pusat kekuatan hiburan di seluruh dunia, membangun paradikma baru di industri
hiburan. Model bisnis teladan JYP untuk merencanakan, memproduksi,
memasarkan, dan menjual konten hiburan melalui berbagai jaringan global,
bersama JYP China (Beijing), JYP Japan (Tokyo), dan JYP Korea Seoul. JYP
sangat bangga dengan program pengembangan bakatnya, yang bertanggung jawab
untuk menemukan dan memelihara bakat bintang seperti Rain, Wonder Girls,
2PM, 2AM, dan Miss A. JYP terus menjadi pelopor musik, mengembangkan
potensi seniman baru, dan memimpin tren industri hiburan.
(www.jype.com/company/AboutJYP.aspx?LDiv=EN)
YG Entertainment memiliki pengembangan bakat dan kemampuan
produksi yang unik. Sejak tahun 1996, telah menghasilkan artis terbaik untuk
memimpin musik populer kontemporer seperti Jeunesse, 1TYM, Seven, Big
Bang, 2NE1. Pelatihan YG yang unik dan sistematis, sistem produksi in-house
kelas dunia dan kemampuan untuk memimpin pasar global, YG telah menjadi
brand favorit bagi mereka yang ingin menjadi yang terbaik.
5
YG Entertainment memperluas model bisnis konten diversifikasi melalui
strategi OSMU. Selain bisnis yang ada seperti musik dan konser, YG
Entertainment juga memimpin bisnis musik digital di pasar sebagai respons
terhadap diversifikasi platform dan perangkat. Selain itu, YG Entertainment telah
menciptakan formula model bisnis untuk iklan, siaran, karakter, permainan dan
bisnis manajemen diversifikasi lainnya. YG telah menjadi pelopor dalam area
bisnis konten baru.
YG Entertainment menghadapi dunia: Didirikan YG JAPAN di tahun
2007, YG Entertainment telah memasuki pasar Jepang. Pada tahun 2011, YG
Entertainment mendirikan label tunggal YGEX, melalui usaha patungan dengan
perusahaan hiburan terbesar Jepang, AVEX. Sebagai tambahan, YG
Entertainment mendirikan YG ASIA di Hong Kong pada tahun 2012 dan
memperluas kehadiran di Asia secara keseluruhan, meliputi Taiwan dan China
daratan. Pasar utama pasar pop, Amerika dan Eropa, juga mencapai hasil yang
terlihat melalui pendekatan terdiferensiasi melalui media baru.
(http://www.ygfamily.com/company/introduction_sub01.asp?LANGDIV=E)
.
6
BAB III
METODE PELAKSANAAN
Pelaksanaan pembuatan aplikasi dilakukan selama 4 bulan 1 minggu
dimulai dari persiapan data yang diperlukan dan tools yang digunakan,
selanjutnya perancangan atau desain sistem dan aplikasi, implementasi dan
pengujian aplikasi, integrasi dan pengujian sistem, pengoperasian dan perawatan.
3.1. Tahap Perencanaan
Berawal dari salah satu anggota kami yang menyukai K-Pop yang dimana
mengalami kesulitan dalam mendapatkan infomasi mengenai jadwal konser yang
up to date dikarenakan harus melihatnya dari berbagai laman resmi Idol Group
atau agensinya.
3.2. Tahap Desain Sistem dan Aplikasi
Kami melakukan perancangan algoritma dengan merancang prosedur dan
struktur aplikasi sebagai konsep untuk web yang akan dibuat.
a. Admin
- Admin dapat menginput dan mengupdate data Entertainment
- Admin dapat menginput dan mengupdate data artis
- Admin dapat menginput dan mengupdate data berita artis
- Admin dapat menginput dan mengupdate data lagu terbaru
- Admin dapat menginput dan mengupdate data konser dan pembelian tiket
- Admin dapat menghapus kiriman diforum
7
b. User
- User memilih Entertainment
- User memilih artis
- User memilih berita artis yang ingin dilihat
- User memilih lagu terbaru yang ingin diketahui
- User memilih jadwal konser untuk pembelian tiket
- User mengisi kiriman di forum atau menjawab (komentar) kiriman di
forum
3.3. Tahap Perancangan Program
Pada langkah ini kami memilih bahasa pemrograman android studio, html,
php, css, javascript dan jquery untuk melakukan perancangan program aplikasi
(K-CONS) K-Pop Concert Schedule Berbasis Android ini.
3.4. Tahap Implementasi
Pada tahap keempat ini kami melakukan implementasi dengan
memasukkan beberapa data yang dibutuhkan untuk memastikan aplikasi ini
berjalan tanpa kendala. Dan juga melakukan hosting web sesuai dengan kapasitas
awal yang dibutuhkan.
3.5. Tahap Testing dan Evaluasi
Pada tahap ini kami melakukan pengujian aplikasi dengan mencoba semua
menu yang ada diaplikasi tersebut, seperti membuka berita, membuka musik,
membuka link tiket, membuka dan menghapus kiriman forum. Pada tahap ini juga
kami melakukan evaluasi terhadap kendalan dan error yang dihadapi.
8
BAB IV
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
4.1. Rincian Biaya
NO JENIS PENGELUARAN BIAYA (Rp)
1. Peralatan Penunjang
Laptop Rp 3.000.000
DVD-RW Rp 20.000,-
Flash Disk 32Gb Rp 150.000,-
Modem GSM Rp 500.000,-
SmartPhone Rp 2.100.000,-
JUMLAH Rp 5.970.000,-
2. Bahan Habis Pakai
Web Hosting Rp 1.000.000,-
Domain Rp 500.000,-
ATK Rp 500.000,-
Pulsa Paket Internet Rp 800.000,-
JUMLAH Rp 2.800.000,-
3. Perjalanan dan Transport
Pelatihan Implementasi Rp 1.050.000,-
JUMLAH Rp 1.050.000,-
4. Lain-Lain
a. Administasi
Print Proposal Rp 50.000,-
Print Poster Rp 100.000,-
b. Publikasi
Proses Pendaftaran HAKI Rp 1.500.000,-
c. Laporan
Penyusunan Laporan Rp 500.000,-
Materai Rp 30.000,-
JUMLAH Rp 2.180.000,-
9
4.2. Jadwal Kegiatan
No Kegiatan
Bulan 1 Bulan 2 Bulan 3 Bulan 4 Bulan 5
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1 Pengambilan
Data dan
Penyusunan
Laporan
2 Desain
Perangkat
Lunak
3 Pengkodean
dan
Implementasi
4 Pengujian
Program
5 Evaluasi dan
Perbaikan
10
DAFTAR PUSTAKA
Abdurahman Muhdar. 2016. Sistem Informasi Jadwal Perkuliahan Berbasis Web
Mobile Pada Politeknik Sains Dan Teknologi Wiratama Makulu Utara :
ijns.org/journal/index.php/ijns/article/download/1421/1401. (10 Oktober 2017)
Anggraeni Asmoro, Avia. 2015. Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap
Pengetahuan Korean Music Popular (K-POP) Di Soulmate Community Kota
Samarinda :
http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wpcontent/
uploads/2015/03/JURNAL%20AVIA%20(03-10-15-02-47-40).pdf.
(10 Oktober 2017)
Dariyo. 2004. Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor: Ghalia Indonesia.
Listianto Fergiawan, Fauzi, dkk. 2017. Aplikasi E-Commerce Berbasis Web
Mobile Pada Industri Konveksi Seragam Drumband Di Pekon Klaten Gadingrejo
Kabupaten Pringsewu :
ojs.stmikpringsewu.ac.id/index.php/JurnalTam/article/download/516/478.
(10 Oktober 2017)
Permata Sari Ratna, Fandom dan Konsumsi Media: Studi Etnografi Kelompok
Penggemar Super Junior, ELF Jogja : http://journal.uii.ac.id/index.php/jurnalkomunikasi/
article/download/6382/5741. (10 Oktober 2017)
Sejarah SM Entertainment.
http://company.smtown.com/app/overview/main.jsp%3FcmsCd%3DCM0089&usg
=ALkJrhjvAezLKaCC-v35z-qSBsMy_7uOPw. (10 Oktober 2017)
Sejarah JYP Entertainment.
www.jype.com/company/AboutJYP.aspx?LDiv=EN. (10 Oktober 2017)
Sejarah YG Entertainment.
http://www.ygfamily.com/company/introduction_sub01.asp?LANGDIV=E.
(10 Oktober 2017 )
11
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1. Biodata Ketua, Anggota dan Dosen Pendamping
A. Identitas Diri Ketua
1. Nama Lengkap Cahyasari Semesta
2. Jenis Kelamin Perempuan
3. Program Studi S1 Sistem Informasi
4. NIM 11170457
5. Tempat dan Tanggal Lahir Jakarta, 08 Juli 1990
6. E-mail cahyasaris90@yahoo.com
7. Nomor Telepon/Hp 08998343436
B. Riwayat Pendidikan
Sarjana S2/Magister S3/Doktor
Nama Institusi STMIK Nusa
Mandiri
- -
Jurusan Sistem Informasi - -
Tahun Masuk-
Lulus
2014 - -
C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No Nama pertemuan Ilmiah /
Seminar
Judul Artikel
Ilmiah
Waktu dan
Tempat
1. - - -
2.
- - -
3. - - -
D. Penghargaan dalam 5 tahun terakhir (dari pemerintah, asosiasi, atau institusi
lainnya)
No Jenis Penghargaan Institusi Pemberi
Penghargaan
Tahun
1. - - -
2. - - -
3. - - -
Sernua data yang saya isikan dan tencanhrm dalan biodata furi adalah benar dan
dapat diperhnggungiawabkan secara hukum. Apabila di kemrdian hari ternyata
dijumpai ketidaksesuaian dengan ke,nptaan, saya sanggup mcnerima sanksi.
Demikim biodata ini saya buat dcngm sebenaenya rmtuk mqnenrfri salah satu
persyaratan dalm peirgajuan Hibah PKM-KARSA CIPTA
Noveinber 2017
11
Se,mesta)
l
l
t2
A. Identitas Diri Anggota I
1. Nama Lengfuap (dengan gelar) Keflika Dokha
a Jenis Kelamin Laki-laki
t- Program Studi 51 Sistem Informasi
4. NIM 11170427
5. Tanpat dan Tanggal Lahir Jakarta" 16 Oktober 1992
6. E-mail keflikad@gnail.com
7. Nomor Telepon/Hp 0896934s0290
B. Riwayat Pendidikan
Sa{ana S2/I\4agister S3/Doktor
Nama Institusi STMIKNusa
Mandiri
Jurusan Sistem Informasi
Tahun Masuk-
Lulus
2014
C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No Nama pertemuan Ilmiah /
Seminar
Judul Artikel
Ilmiah
Waktu dan
Tempat
1.
)
3.
No Jenis Penglrargaan Institusi Pemberi
Penghargaan
Tahun
1.
2.
-t-
D. Penghargaan dalam 5 tahunTerakhir (dari ponerintah, asosiasi, atau institusi
lainnya)
Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan
dapat dipertanggungiawabkan secara hukum. Apabila di kernudian hari ternyata
dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataa4 saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu
persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM-KARSA CIPTA.
Jakarta 6 November 2017
,@"
(Keflika Dokha)
13
A. Identitas Diri Anggota 2
1. Nama Lengkap Ika Trianti
2. Jenis Kelamin Perempuan
Program Studi Sl Sistem Informasi
4. NIM lll6046l
5. Tempat dan Tanggal Lahir Jakarta, 09 Desernber 1998
6. E-mail ikahianti I 5@gmail.com
7. Nomor Telepon/Hp 089657328627
B. Riwayat Pendidikan
Saq'ana S2/Ivlagister S3/Doktor
Nama Institusi STMIKNusa
Mandiri
Jurusan Sistern Informasi
Tahun Masuk-
Lulus
20t6
C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No Nama pertemuan Ilmiah /
Serninar
Judul Artikel
Ilmiah
Waktu dan
Tempat
1.
2.
-1-
No Jenis Penghargaan Institusi Pemberi
Penghargaan
Tahun
1.
2.
J.
D. Penghargaan dalam 5 tahunTerakhir (dari pemerintah, asosiasi, atau institusi
lainnya)
.Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan
dapat dipertanggungiawabkan secara hukum. Apabila di kernudian hari temyata
dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenamya untuk memenuhi salah satu
persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM-KARSA CIPTA.
'**,^,'ff6-^'
tlta friantil
l4
A. Identitas Diri Dosen Pendamping
1, Nama Lengkap Sukmawati Anggraeni Putri, M.Kom
2. Jenis Kelamin Perempuan
-t- Program Studi Sistem Informasi
4. NIP 201103234
5. Tempat dan Tanggal Lahir Jakarta, 20 Agustus 1987
6. E-mail sukmawati@nusamandiri.ac.id
7. Nomor Telepon/Hp 08129'7889372
Sarjana S2/1\4agister S3/Doktor
Nama Institusi STMIKNusa
Mandiri
Pascasarjana STMIK
Nusa Mandiri
Jurusan Sistem Informasi Ilmu Komputer
Tahun Masuk-
Lulus
2009-2011 2012 - 2015
B. Riwayat Pendidikan
C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
D. Penghargaan dalam 5 tahunTerakhir (dari pemerinta[ asosiasi, atau institusi
lainnya)
Semua data yang saya isikan dan t€rcanf.rm dalam biodata ini adalah benar dan
dapat dipertanggungiawabkan secara hukurn. Apabila di kernudian hari temyata
dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenamya unhrk memenuhi salah satu
persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM-KARSA CIPTA.
Jakarta 6 November 2017
No Nama pertemuan Ilmiah
/ Seminar
Judul Artikel Ilmiah Waktu dan
Tempat
l. Konferensi Nasional
Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi 2015
Kombinasi Integrasi
Metode Sampling Dengan
Naive Bayes Untuk Ketidak
Seimbangan Kelas Pada
Prediksi Cacat Software
BSI Convention
Center, 8
Agustus 201 5
No Jenis Penghmgaan Institusi Pemberi
Penghargaan
Tahun
1. Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan
STMIK Nusa Mandiri Jakarta
STMIKNUsa
Mandiri
2015
utri, M.Kom
16
Lampiran 2. Justifikasi Anggaran Kegiatan
1. Peralatan Penunjang
Material Justifikasi Pemakaian Volume Harga Satuan
(Rp)
Jumlah Biaya
(Rp)
Laptop Untuk Pembuatan
Aplikasi
1 Rp 3.000.000,- Rp 3.000.000,-
DVD-RW Untuk menyimpan file
aplikasi
2 Rp 10.000,- Rp 20.000,-
Flash Disk 32Gb Untuk menyimpan data 1 Rp 150.000,- Rp 150.000,-
Modem GSM Untuk mengakses
internet
1 Rp 500.000,- Rp 500.000,-
SmartPhone Untuk testing aplikasi 1 Rp 2.100.000,- Rp 2.100.000,-
Buku Panduan membuat
program
2 Rp 100.000 Rp 200.000,-
SUB TOTAL (Rp) Rp 5.970.000,-
2. Bahan Habis Pakai
Material Justifikasi Pemakaian Volume Harga Satuan
(Rp)
Jumlah Biaya
(Rp)
Web Hosting Untuk menyewa hosting
website
1 Rp 1.000.000,- Rp 1.000.000,-
Domain Untuk membeli domain 1 Rp 500.000,- Rp 500.000,-
ATK Untuk penyusunan
laporan
1 Rp 500.000,- Rp 500.000,-
Pulsa Paket Internet Untuk mengakses
internet
4 Rp 200.000,- Rp 800.000,-
SUB TOTAL (Rp) Rp 2.800.000,-
3. Perjalanan
Material Justifikasi Pemakaian Volume Harga Satuan
(Rp)
Jumlah Biaya
(Rp)
Pelatihan
Implementasi
Transportasi biaya
implementasi sistem
aplikasi
3 orang Rp 350.000,- Rp 1.050.000,-
SUB TOTAL (Rp) Rp 1.050.000,-
17
4. Lain-lain
Lain-lain Justifikasi Pemakaian Volume Harga Satuan
(Rp)
Jumlah Biaya
(Rp)
Administrasi Print proposal dan poster 1 Paket Rp 150.000,- Rp 150.000,-
Publikasi Proses pendaftaran HAKI 1 Paket Rp 1.500.000,- Rp 1.500.000,-
Laporan Penyusunan Laporan 1 Paket Rp 530.000,- Rp. 530.000,-
SUB TOTAL (Rp) Rp 2.180.000,-
TOTAL KESELURUHAN Rp 12.000.000,-
18
Lampiran 3. Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas
No Nama/NIM Program
Studi
Bidang
Ilmu
Alokasi
waktu
(jam/minggu)
Uraian
Tugas
1 Keflika
Dokha/11170427
S1 Sistem
Informasi
10 jam /
minggu
Membuat
lampiran
anggaran,
susunan
organisasi,
surat
pernyataan,
daftar
pustaka, dan
lembar
pengesahan,
biaya dan
jadwal
kegiatan
(BAB IV)
2 Cahyasari
Semesta/11170457
S1 Sistem
Informasi
10 jam /
minggu
Membuat
tinjauan
pustaka
(BAB II)
dan
membuat
metode
pelaksanaan
(BAB III)
3 Ika Trianti
/11160461
S1 Sistem
Informasi
8 jam /
minggu
Membuat
daftar isi
dan
pendahuluan
(BAB I)
ST-MIK Nusa Mandiri Jakarta
bawah ini:
Cahyasari Semesta
11t70457
Sistem Informasi
STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Dengan ini menyatakan.bahwa proposal (PKM KC) saya dengan judul :
(K-CONS) K-POP CONCERT SCTTEDIILE BERBASTS ANDROTD
yang diusulkan rmtuk tahun anggaran 20l7l2Dl8 adalah asli kirrya kami dan belum
pemah dibiayai oleh lembaga atau sumber dana lain.
Bilamana di kemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pemyataan ini, maka
saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan
mengembalikan selwuh biaya yang sudah diterima ke kas negara.
Demikian pemyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-hnamya.
Jakarta, 6 November 2017
Yang Menyatakan,
Cahvasari Semesta
NIM 1 I 170457
q1-
MAl{ Dl Rl Kampus A : Jr Damai}&?#iifHilf
'T3#;f-"sf3;*#;seratan'
rerp (021) 7883e513
SURAT PERhIYATAAN KETUA PEIYELTTI/PELAKSANA *)
Yang bertandafangan di
Nama
NIM
Program Studi
Fakultas
Mengetahui,
Waket Bidang Non Akademik
Sukrnawati Aneraeni Putri. MSom
NIP 201103234
20
Lampiran 5. Gambaran Teknologi Yang Hendak Diterapkembangkan
Tampilan utama saat membuka aplikasi
K- CONS
Tampilan halaman utama
K – CONS Menu
Gambar Entertainment
Gambar Entertainment
Gambar Entertainment
21
Tampilan menu utama
Tampilan menu Idol Group
K – CONS Menu
Gambar Entertainment
Gambar Entertainment
Gambar Entertainment
Menu Entertaiment
Menu Entertaiment
Menu Entertaiment
K – CONS Menu
Menu Idol Group
Menu Idol Group
Menu Idol Group
Menu Idol Group
Menu Idol Group
Menu Idol Group
22
Tampilan menu berita musik
dan konser
K – CONS Menu
Gambar Idol Group
Berita Musik Jadwal Tur Forum
Berita
Berita
Berita
Berita
Berita
Tampilan menu musik
K – CONS Menu
Gambar Idol Group
Berita Musik Jadwal Tur Forum
Musik Musik Musik Musik
Musik Musik Musik Musik
23
Tampilan menu jadwal tur/konser
K – CONS Menu
Gambar Idol Group
Berita Musik Jadwal Tur Forum
Jadwal Tur
Jadwal Tur
Jadwal Tur
Jadwal Tur
Jadwal Tur
Tampilan menu forum
K – CONS Menu
Gambar Idol Group
Berita Musik Jadwal Tur Forum
Nama
Komentar
4 Balasan Komentar
Nama
Tulis
24
Tampilan input kiriman di forum
Tampilan input komentar pada kiriman di forum
K – CONS Menu
Papan Ketik
Nama
Komentar
K – CONS Menu
Papan Ketik
Nama
Kiriman
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Postingan Populer
Gempa Megathrust? Berikut Penjelasannya
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Kunci Jawaban Soal Ujian UAS E-Learning Bahasa Indonesia UBSI dan Nusa Mandiri Update
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar